Halaman

Rabu, 22 Juni 2016

Budidaya Kinggrass

Budidaya rumput kinggrass merupakan salah satu cara termudah dalam cara menyediakan pakan hijauan bagi ternak ruminansia.

Rumput kinggras merupakan salah satu pakan hijauan yang ditinjau dari kandungan nutrisi dan volumenya termasuk sangat dianjurkan bagi salah satu kebutuhan hijaun bagi ternak.

Pada artikel ini Saya mencoba membahas bagaimana budidaya rumput kinggrass.

Rumput kinggrass merupakan rumput yang sangat mudah dikembangkan dan sangat tahan terhadap berbagai kondisi baik alam maupun hama. Cara menanmnya sangat sederhana: cukup buat lubang dan tanamlah. Basic teorinya itu, namun jika ingin lebih maksimal menanamnya maka tanamlah dengan metode persiapan lahan untuk seperti akan menanam sayuran (hehehehe mahal bgt ongkos tanamnya).

Yang terpenting kita bahas adalah jarak tanamnya, secara karakteristik ternyata rumput kinggrass dapat berkembang dengan rumpun yang seimbang bulatnya jadi semakin lama rumpun kinggrass akan berbentuk bulat membesar dengan diameter sebesar mungkin, oleh karena itu maka menanam rumput kinggrass Saya anjurkan memiliki jarak tanam yang seimbang satu sama lainnya yakni 40x40, 50x50, atau bahkan sampai 1x1m.

Perbedaan jarak tanam ini ditinjau dari mau pakai metode mekanisasi atau manual dan ditinjau lagi mau panen usia muda atau tua. Jika menggunakan mekanisasi maka jarak tanam sesuaikan dengan lebaran traktor yang digunakan (umumnya 70x70 aman untuk dilewati traktor) atau ingin memanen usia muda (20 hari) cukup jarak 40x40 dan jika ingin panen usia 30-40hari gunakan jarak 70x70.
Karena jarak ini untuk menentukan pertumbuhan maksimal pada rumpun rumput.


Jika dipanen usia muda maka cenderung panennya cepat sehingga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar