Halaman

Senin, 09 Desember 2013

Kehebatan Morfologi Sorgum

 Setelah panen pertama, sorgum diberi pupuk kandang yang banyak dan disiram secara rutin hingga umur sekitar 2 minggu sorgum baru di suply dengan pupuk kimia.

Sorgum saat berumur sekitar 1 bulan terlihat seperti pada gambar disamping yakni masih terlihat jarang-jarang dengan jarak tanam 40x40 cm.

Awalnya jarak ini diperkirakan akan sedikit memberikan ruang bagi tanaman sorgum tumbuh dan berkembang namun ternyata jarak ini masih lumayan padat populasinya.

Setelah berumur 2 bulan, ternyata lebaaaatttt dan hijau segar tanaman sorgumnya. dari kerapatan sangat rapat. Potensi hasil 10kg/m atau 100ton/ha (hasil masih menunggu sampai panen).

Pada gambar di samping kerapatan sudah sangat rapat hingga dibawah perakaran matahari tidak bisa masuk sehingga memicu seluruh tanaman untuk tinggi mengejar matahar.

Perlakuan pada lahan tidak ada, seperti pembumbunan ataupun pembersihan gulma karena lahan tertutup sehingga ilalang dan rumput sulit tumbuh.

Dalam satu rumpun bisa sampai 6 tunas dengan besar batang hampir rata dan sama. penulis belum mencoba mengembangkan sistem penjarangan pada rumpun.

Tunggu perkembangan tanaman sorgum penulis selanjutnya..

Salam sukses pertanian..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar