Halaman

Kamis, 10 Oktober 2013

Mengenal Karakteristik Sapi

Dunia peternakan sekarang-sekarang ini sedang dalam perhatian khusus dari pemerintah karena harga jual yang sangat tinggi dipasaran.

Khususnya pada peternakan sapi ini menjadi perhatian khusus yang awalnya harga sapi hidup Rp 20.000/kg kini menjadi Rp 36.000 - Rp 49.000/kg.

Sebelum masuk kedalam dunia bisnisnya perlu dipahami bersama dalam memerankan menjadi pengusaha atau peternak maka perlakukan prinsip peri kebinatangan.

Berikut ini beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam mengenal sapi peliharaan kita:

1. Asal Sapi
Asal sapi disini harus dipahami bahwa sapi yang dibeli oleh kita lihat dari mana asalnya "mereka" didatangkan, seperti halnya sapi-sapi australia rata-rata mereka di umbar atau diliarkan di padang rumput sehingga ketika masuk kedalam kandang kita maka kondisikan lingkungannya sama seperti asalnya yakni dikondisikan bebas.
Sapi-sapi ini diasalnya dilepaskan di padang rumput yang luas, mereka berkembang biak dengan sendirinya bebas memakan rumput-rumput. Maka di kandang kita kondisikan bahwa sapi ini memiliki kondisi yang sama dengan asalnya dari suhu lingkungan, kondisi alas tinggalnya, sampai komposisi pakannya.






2.  Kualitas Indukannya
Kenalilah indukan asalnya sapi tersebut, seperti dengan sapi-sapi yang berasal dari australia rata-rata mereka mendata dengan sangat baik dari mana asal indukan sapi tersebut sehingga dengan adanya asal muasal indukan sapi tersebut dapat membuat kita lebih mengenal "bagaimana kita harus memperlakukan sapi tersebut"

Ada sapi yang ternyata hijauannya harus banyak dibandingkan dengan konsentratnya atau sebaliknya, atau pemeliharaan secara tradisional yakni mengenal apa favorit jenis hijauannya.

Itulah beberapa dasar untuk memulai mengenal siapakah mereka.

Masih banyak faktor yang perlu diketahui diawal, silahkan mengekspresikan diri kita dengan mengenal mereka.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar