Halaman

Jumat, 11 Oktober 2013

Pakan Hijauan

Pakan hijauan menjadikan faktor penentu lain dari pengaruh biaya produksi beternak sapi. Adapun beberapa hijauan yang sering dipakai oleh peternak untuk menekan biaya produksi pemeliharaannya. Hijauan menjadi pakan yang harus ada karena perut sapi dengan 4 lambung dimana WAJIB adanya hijauan. Berikut ini beberapa hijauan yang sering digunakan:

1. Jerami
Jerami menjadi salah satu pakan hijauan yang sangat digemari oleh peternak-peternak tradisional karena mudah di dapat dan harganya tidak terlalu tinggi.

Ada beberapa peternak menggunakan jerami dengan harga dikisaran Rp 125/kg. Secara kandungan gizi tidak terlalu bergizi namun hanya cukup sebagai syarat adanya hijauan bagi sapi.

Adapun penggunaan jerami dapat digunakan secara langsung atau dengan di fermentasi terlebih dahulu sehingga menjadi silase.

2. Pucuk Tebu
Pucuk tebu menjadi alternatif lain yang murah namun tergolong musiman, yakni pada saat panen raya tebu biasanya pada bulan juli-sept.

Harga sangat terjangkau bagi peternak namun penggunaannya harus di chopper terlebih dahulu. Secara khusus memang pucuk tebu tidak terlalu disenangi oeh sapi namun jika di berikan setelah di chopper dan silase sapinya masih mau mengkonsumsinya.



3. Rumput Gajah
Rumput gajah menjadi alternatif yang lebih baik dari sebelumnya yakni ditinjau dari kandungan gizinya rumput memliki keunggulan dibandingkan jerami dan pucuk tebu.

Secara umum harga rumput berkisar 85-100/kg.
Murah dan mudah didapat inilah keunggulan rumput gajah menjadi favorit untuk menjadi pakan hijauan yang sering digunakan.






4. Jagung
Jagung menjadi salah satu favorite pakan hijauan dikalangan industri peternakan karena memiliki kandungan gizi yang komplit dan mudah dalam perolehannya.

Dibeberapa peternak menggunakan jagung di chopper dan langsung diberikan atau adapula yang di silase.

Dipasaran harganya di kisaran 400-700/kg.


5. Sorgum
Sorgum menjadi hijauan terbaik namun ada kendalanya yakni belum secara umum ditanam oleh petani sehingga mengalami kesulitan dalam memperolehnya.










Berikut ini data keseluruhan pakan hijauan dan bahan dasar pakan konsentrat:


Berminat pakan hijauan silahkan hub kami di 085222480890 (khusus daerah jawa barat)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar