Halaman

Jumat, 25 Oktober 2013

Hijauan Sorgum

Pakan hijauan yang sangat baik bagi ruminansia adalah salah satunya tanaman sorgum. Secara budidaya tanaman ini sangat sederhana dan mudah di aplikasikan dalam kondisi apapun.

Musim kemarau ini sudah penulis uji coba dilahan perusahaan dan hasilnya secara keseluruhan batang mengecil, namun masih memiliki potensi sekitar 1kg/lubang tanam.

Jarak tanam yang kami gunakan 40x40 sehingga dalam satu lubang berpotensi terdapat 62.500 lubang sehingga potensi produksi sebesar 62500 x 1,5kg yakni 93750kg atau sekitar 90ton.

Tanaman ini memiliki kelebihan dari sudut pandang budidayanya bahwa tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang intens hanya cukup dengan perlakuan pada waktu tertentu.
Setelah panen akan muncul tunas-tunas baru dengan jumlah yang sangat signifikan (5tunas). awalnya ditanam 3biji perlubang namun setelah panen akan bertunas bisa menjadi 2tunas perpohon jadi jika awalnya 3pohon maka pada pertumbuhan ke dua akan muncul 6 pohon baru.

Namun pada perawatan kedua akan diberi pupuk kandang yang ekstra dan pupuk tambahan kimia yang lebih banyak sehingga pertumbuhannya akan normal seperti induk sebelumnya.

Tanaman ini seperti rumput gajah jika setelah ditebang akan muncul tunas baru dan akan menghemat biaya pengolahan sehingga bisa menghemat biaya sekitar 2.000.000/ha (pengolahan lahan+penanaman).

Silahkan mencoba, jika butuh konsultasi untuk daerah bandung (sekitar jawa barat) silahkan hub kami di 085222480890.
Kami juga menyediakan benih dengan harga 50.000/kg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar